Taman Nasional Tanjung Puting memiliki beberapa ekosistem yang terdiri dari hutan hujan tropis dataran rendah, lahan kering, hutan, hutan rawa air tawar, juga kawasan ini didominasi oleh tumbuhan hutan dataran rendah seperti Gelatin (Dyera costulata), Ramin (Gonystylus bancanus), Meranti (Shorea sp.), Keruing (Dipterocarpus sp.), Dan Rotan.

Satwa langka endemik dan dilindungi yang terdapat di dalam hutan Taman Nasional Tanjung Puting antara lain Orangutan (Pongo Satyrus) yang mana studi Orangutan dipelopori oleh Dr. Birute Galdikas, Bekantan (Nasalis Larvatus), Kera daun marun (Presbytis rubicunda rubida), Beruang (Helarctos malayanus erysipelas), Rusa (Tragulus javanicus) dekat), macan dahan (Neofelis nebulosa), dan kucing (Prionailurus bengalensis borneoensis). Terdapat 3 lokasi di Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan lokasi pertama di Indonesia sebagai pusat rehabilitasi orangutan. Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey.

Kami mengajak anda untuk mengunjungi situs wisata alam ini selama 3 hari 2 malam dengan menggunakan kapal kayu traditional dengan fasilitas yang nyaman untuk melihat pemandangan alam Borneo yang indah dan mengenal lebih jauh hasil proyek yang pernah dilakukan oleh Dr. Birute Galdikas sejak tahun 1971.

Itinerary

Hari pertama

Saat tiba di bandara Pangkalan Bun, anda akan bertemu dengan pemandu wisata kami dan menuju ke pelabuhan Kumai sekitar 25 menit. Setibanya di Kumai, anda akan menaiki kapal wisata tradisional yang terbuat dari kayudan berlayar perlahan menuju Taman Nasional Tanjung Puting untuk menjelajahi sungai Sekonyer. Sembari anda berlayar, anda akan disuguhi dan mengamati satwa liar seperti Bekantan (monyet hidung panjang), monyet ekor panjang, burung , dll di sepanjang tepi sungai. Sekitar jam 2 siang, anda akan singgah di Pondok Tanjung Harapan (camp pertama) umtuk melihat Orangutan. Saat menjelang malam, makan malam akan disediakan di atas kapal dan anda akan tidur di atas dek kapal.

Hari kedua

Setelah sarapan pagi, perjalanan anda akan lanjut menuju Pondok Tanggui (Camp kedua) untuk menyaksikan pemberian makan orangutan pada jam 9 pagi. Setibanya di Pondok Tanggui, anda akan berjalan ke area makan. Setelah memberi makan orangutan, kanda bisa melakukan trekking singkat di hutan. Kemudian, dilanjutkan ke Camp Leakey (Camp ketiga) sekitar 1,5 – 2 jam berperahu. Setelah makan siang di atas kapal, Anda akan mengunjungi pusat informasi sebelum melihat pemberian makan orangutan pada pukul 14.00. Setelah anda mengunjungi Camp Leakey, anda akan berlayar perlahan menuju Nipa Palm Area (rumah Kunang-kunang). Dalam perjalanan ke hilir, anda masih bisa mengamati monyet, burung dan binatang lainnya, dan pada malam hari jika cuaca bagus kita bisa melihat kunang-kunang di sepanjang pohon nipah. Makan malam dan tidur di atas kapal.

Hari ketiga

Setelah sarapan, berperahu ke Kumai dan kemudian diantar dengan mobil ke bandara Pangkalan Bun untuk tujuan Anda selanjutnya. Tur berakhir. Catatan: Jika anda mempunyai waktu lebih kita bisa melakukan City Tour atau tinggal lebih lama di Taman Nasional Tanjung Puting (tergantung jadwal penerbangan anda).

Biaya

PAKET TOURPER PERSON RATE
1 PaxRp 13,066,667
2 PaxRp 8,000,000
3-4 PaxRp 7,200,000
5-6 PaxRp 6,400,000
7-8 PaxRp 5,933,333
9-10 PaxRp 5,560,000

INCLUDING

  • Perahu kayu yang nyaman
  • Perlengkapan mandi ramah lingkungan
  • Biaya tour guide
  • Biaya ranger
  • Makan
  • Minuman ringan dan makanan ringan lainnya
  • Izin masuk ke Tanjung Puting

EXCLUDING

  • Biaya personal
  • Tiket Pesawat
  • Tips guide

BOOK TOUR

yun pratiwi

If you’re interested to travel to Borneo or want a customized itinerary, please feel free to send us a message in the contact form or contact through email.

email: cbguide.info@gmail.com
phone: +62-811-523-3389